Kontribusi Sains Untuk Peningkatan Nilai Tambah Batubara Indonesia

Halo sobat PSDMBP, Salam Sehat!
Pada tanggal 2 September 2021, PSDMBP – Badan Geologi bersama beberapa Universitas, Kementerian / Lembaga, dan Unit Penelitian dan Pengembangan menggelar Focus Group Discussion dengan tema “Kontribusi Sains untuk Peningkatan Nilai Tambah Batubara Indonesia – Sinergi untuk Pemanfaatan dan Pengembangan Batubara” secara daring. Kegiatan ini digelar dalam tiga sesi, sesi pertama dari pemerintah mengenai road map peningkatan nilai tambah batubara dalam hal ini Kementerian ESDM, dilanjutkan dengan sesi kedua dari lembaga penelitian dan pengembangan yaitu LIPI, BPPT, BATAN, dan LAPAN, diakhiri dengan sesi ketiga dari Universitas diwakili oleh UGM, ITB, UNPAD, TRISAKTI, dan USM.

Digelar hanya untuk kalangan terbatas, acara ini menghasilkan kesimpulan untuk membentuk forum pengkajian potensi batubara nasional. Forum tersebut diharapkan dapat melakukan assessment dan clusterisasi penelitian dengan kolaborasi lintas Kementerian / Lembaga untuk mendukung road map batubara nasional.

#peningkatannilaitambahbatubara #hilirisasibatubara #nilaitambahbatubara #energytrilemma #ree #anodabaterai #gasifikasibatubara #roadmapbatubaranasional #focusgroupdiscussion #fgd #coal #batubara #sains #cofiring #biomassa #kolaborasikementerianlembaga #penelitian #universitas #pemerintah