Survei Panas Bumi Ciremai

Survei Panas Bumi Ciremai 

Halo sobat PSDMBP, secara geografis Indonesia berada pada wilayah cincin api dengan lebih dari 100 gunung api. Salah satunya adalah Gunung Ciremai (3.078 m dpl) yang berstatus aktif  tipe A di Kab. Kuningan dan Kab. Majalengka, Provinsi Jawa Barat.  Indikasi terbetuknya sistem panas bumi ditunjukan oleh munculnya mata air panas Sangkanhurip, mata air panas Ciniru, mata air panas Cilengkrang dan mata air panas Subang, dengan tempertur 41.60oC - 62.4oC, PH 6.37 - 8.84, dan terdapat sinter silika maupun sinter karbonat. Saat ini sumber air panas tersebut sudah dimanfaatkan sebagai tempat wisata pemandian.

PSDMBP sesuai dengan tugas pokoknya adalah melakukan survei rinci geologi, geofisika dan geokimia dengan tujuan melakukan penyelidikan untuk mengungkap sumber daya panas bumi. Survei ini merupakan kelanjutan dari program eksplorasi panas bumi oleh pemerintah/ government drilling dibawah Kementerian ESDM. Selain untuk menambahkan tingkat keyakinan data geosains survei ini diharapkan bisa memberikan gambaran rencana eksplorasi selanjutnya dalam bentuk kegiatan welltargeting dalam eksploras panas bumi oleh pemerintah untuk pemanfaatan tidak langsung.

Saat ini analisis laboratorium dan pembuatan model 3D geofisika masih dilaksanakan oleh tim PSDMBP, semoga hasilnya baik dengan nilai sumber daya yang besar sehingga dapat digunakan dalam mendukung pengembangan panas bumi sebagai sebagai salah satu sumber energi yang menyokong ketahanan energi nasional.

Untuk melihat video bagaimana kegiatannya yuk langsung saja kunjungi youtube channel kami https://youtu.be/hAYfc8GiD5o