Kerjasama Di Bidang Panas Bumi


 
KERJASAMA DI BIDANG PANAS BUMI
PSDMBP - BADAN GEOLOGI DAN JAPAN TECHNICAL COOPERATION (NEDO & JICA)


Rekan rekan sekalian kali ini kami akan memberikan informasi terkait kerjasama yang telah dan sedang berjalan di bidang panas bumi antara Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP), Badan Geologi dengan pihak Jepang yang diwakili oleh Japan Internasional Coorporation Agency (JICA).
Kerjasama antara kedua belah pihak telah berlangsung lama (sejak 1970), dan menjadi salah satu bagian perkembangan panas bumi di Indonesia. Dahulu bidang panas bumi masih berada di bawah Direktorat Vulkanologi, Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral (DJGSM). Pada saat itu dilakukan kerjasama dengan NEDO (The New Energy and Industrial Technology Development Organization of Japan) dengan fokus pengembangan panas bumi di daerah Bedugul, Bali dan wilayah panas bumi di Indonesia Bagian Timur salah satunya daerah Flores.
Kegiatan kerjasama berlanjut hingga saat ini dibawah PSDMBP – Badan Geologi. Ruang lingkup kerjasama yang di jalankan sesuai tugas pokok dan fungsi kami sebagai peneliti dan penyelidik kebumian dengan target rekomendasi wilayah kerja panas bumi, namun demikian tentunya tim survei juga membutuhkan perlengkapan analisa yang lebih mutakhir sehingga dalam kerjasama ini pihak JICA telah bersedia memberikan hibah beberapa peralatan survei di bidang geologi, geokimia dan geofisika termasuk untuk pengukuran temperatur dan tekanan pada sumur bor panas bumi.
Dengan semakin lengkapnya peralatan survei dan laboratorium kami tentunya akan manambah kepercayaan dan kelengkapan data dan informasi di bidang panas bumi sehingga dapat mengurangi resiko eksplorasi di sisi hulu.


#PSDMBP
#kerjasamapsdmbpjica
#panasbumi
#psdmbpnedojica