Kontribusi Psdmbp Dalam Mendukung Percepatan Program Panas Bumi

 
KONTRIBUSI PSDMBP DALAM MENDUKUNG PERCEPATAN PROGRAM PANAS BUMI
 
Sobat Geologi, sesuai dengan salah satu slogan Kementerian ESDM “Energi Berkeadilan“ Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) – Badan Geologi tentunya ingin berperan aktif dalam memenuhi kebutuhan energi, terutama listrik hingga ke pelosok negeri.
PSDMBP senantiasa melakukan survei dan eksplorasi panas bumi dengan metode dan teknologi terkini hingga di areal terpencil. Tujuannya adalah untuk melengkapi data survei panas bumi yang lengkap untuk mengurangi resiko eksplorasi di sisi Hulu. Hasilnya kemudian digunakan sebagai data keprospekan pengusulan Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP).
Hingga saat ini telah ditetapkan 65 lokasi WKP melalui surat keputusan Menteri ESDM yang terbagi menjadi 19 WKP existing (periode Pertamina), dan setelah terbit UU Panas Bumi No 27, Tahun 2003 dilanjutkan UU Panas Bumi No.21, Tahun 2014 telah ditetapkan 25 WKP (Rekomendasi Badan Geologi), serta 21 WKP (PSP-EBTKE).
Kontribusi PSDMBP pada WKP yang diusulkan melalui Penugasan Menteri ESDM kepada BUMN yang bergerak di bidang panas bumi ditujukan ke PT PLN  untuk 8 lokasi WPK (Kepahiang, Danau Ranau, Mataloko, Oka Ileange, Atedai, Gunung Sirung, Wapsalit dan Songa Wayaua) dan PT GeoDipa Energi (Candi Umbul Telomoyo dan Arjuno Welirang). Sedangkan 5 lokasi WKP sebelumnya telah dilelang dan diterbitkan Ijin Panas Bumi-nya yaitu PT Sabang Energy (Jaboi), Sorik Marapi Geothermal Power (Sorik Marapi), Hitay Daya Energy (G.Talang-Kili), Sokoria Geothermal Energy (Sokoria) dan Pertamina Geothermal Energy (Gunung Lawu). Lokasi lain berada di Waesano, sebagai areal dengan mekanisme pembiayaan government drilling yang kedepannya akan dilelangkan.
Selain Waesano terdapat 8 lokasi WKP lain yaitu, Sipoholon, Suwawa, Marana, Bonjol, G.Endut, Bora-Pulu, Lainea, dan Sumani yang dapat dilelangkan ataupun diusulkan untuk Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi (PSPE) seperti di Hu’u Daha pada PT Sumbawa Timur Mining. Seluruh wilayah ini merupakan prospek panas bumi dengan temperatur reservoir sedang (<225°C).
Berdasarkan jumlah sumber daya yang dapat diperoleh dari seluruh daerah usulan WKP dari PSDMBP – Badan Geologi diperkirakan dapat menghasilkan 2453 Mwe (Kelas Cadangan Mungkin). 1452 Mwe pada 15 lokasi WKP merupakan reservoir dengan temperatur tinggi dan 1001 Mwe pada 10 lokasi termasuk reservoir dengan temperatur sedang.

#PSDMBP #panasbumi #WKP #wilayahkerjapanasbumi #rekomendasiWKPbadangeologi #potensipanasbumi #surveipenugasanpanasbumi