China-asean Mining Cooperation Forum (camcf)

CHINA-ASEAN MINING COOPERATION FORUM (CAMCF)
PROMOSI DAN PELUANG PEMANFAATAN DATA
SUMBER DAYA MINERAL BADAN GEOLOGI
 
 
 
China-ASEAN Mining Cooperation Forum (CAMCF) di Nanning berdiri sejak tahun 2010 merupakan kegiatan rutin tahunan yang menyajikan antara lain seminar, pameran/expo hasil kegeologian, sumber daya, lingkungan, kebencanaan serta terkait geologi lainnya, dan industri pertambangan oleh negara negara ASEAN, China dan negara lainnya. Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam forum CAMCF ini telah dimulai sejak dilakukan Kerjasama Teknis tahun 2011-2013 dimana hasilnya disampaikan pada tahun 2015, untuk tahun 2018 merupakan tahun yang ke-9 dilaksanakan pada tanggal 14 – 16 Nopember 2018 di Kota Nanning, Provinsi Guangxi, China. (14/11).

Peserta PSDMBP Badan Geologi, KESDM yang sekaligus merupakan delegasi Indonesia adalah Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi diwakili oleh Kepala Bidang Mineral PSDMBP Moehamad Awaludin, S.T., M.T. dan Perekayasa Ahli Utama PSDMBP Ir. Armin Tampubolon, M.Sc., hadir pula dari Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI), Zardi, Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia dan ahli Karst Universitas Gajah Mada (UGM), Prof. Eko Haryono. serta delegasi negara-negara yang hadir antara lain China, Wakil Menteri Natural Resources of China, Wakil Gubernur Provinsi Otonom Guang Xi, Dirjen China Geological Survey (CGS) dan sejumlah Direktur CGS., Republik Rakyat Demokrasi Laos, Menteri Pertambangan Laos., Kamboja, Sekjen Kementerian Pertambangan Kamboja., Myanmar, Menteri Natural Resources & Conservation Myanmar., Mongolia, Deputi Menteri Pertambangan Mongolia., Nigeria, Deputi Menteri Pertambangan., Moroko, Menteri Energi, Pertambangan dan Suatainable Development Moroko., Sri Lanka, Kepala Geological Survey & Mines Bureau., Papua Nugini, Project Leader of Geological Mapping Project., Republik Dominika, Kepala Divisi Geological Survey of Dominican Republic., Mexico, Ahli Geoscience and Geological Information., Malaysia, Kepala Biro Minerals and Geosciences, juga dihadiri Malaysian Mining Association, Mohamad Noor Mohammad dan Malaysia AK Iron Mine Co., Ltd Pek Kok Sam., Pakistan, Ahli Senior., Bolivia, Ahli Senior., Thailand, Ahli Seniordan The University of Utah, USA Prof Jiang Ru dan Chris Groves dari Hoffman Environmental Institute, USA.

Sambutan sejumlah ketua delegasi diantaranya oleh Wakil Gubernur Pemerintah Otonom Provinsi Guangxi, Wakil Menteri Natural Resources China, Menteri Pertambangan Laos, Menteri Nautarl Resources, Mining & Conservation Myanmar Sekretaris Jenderal Pertambangan Kamboja, dan Deputi Menteri Pertambangan Nigeria dilanjutkan Pembukaan CAMFC secara resmi dengan penekanan tombol secara bersama sama oleh Tuan Rumah dan Ketua Delegasi dari ASEAN dan negara lainnya. Seminar hasil-hasil kerjasama ASEAN dan China, Indonesia sebagai pembicara pertama oleh Moehamad Awaludin dengan dua tema "Current Status of Geoscience Information Construction in ASEAN" dan "Mineral Potential of Indonesia" dan pembicara kedua Ir. Armin Tampubolon dengan dua tema juga "History, Progress and Prospects of CGS-GAI Cooperation" dan "New Gold and Tin Polymetallic Resources of Indonesia".

Pameran/promosi  kegeologian dan Industri Pertambangan China-ASEAN, diantaranya dari Indonesia juga dipamerkan publikasi hasil Kerjasama CGS dan PSDMBP Badan Geologi berupa Peta Geokimia Semi-Detil Sumatera Barat, Jambi dan Riau periode 2011-2013 serta Pameran Pariwisata Indonesia oleh mahasiswa Indonesia yang belajar di Nanning China. Kerjasama Geosciences antara lain Tektonik, Sumber Daya Mineral, Industri REE China-ASEAN, Industri Calsium Carbonate, Karst, Hydrogeology, Kebencanaan Geologi, Environment Geology, Geologi Marine dan Pameran dan Promosi Hasil-Hasil Kegeologian maupun Industri Pertambangan. Serta Pembahasan tentang kemungkinan membantu penambangan dan pengolahan bijih berkadar rendah serta bijih yang berada pada level air tanah milik Tambang Pongkor PT. ANTAM (Persero), Tbk, dan berencana berinvestasi di Sektor Pertambangan di Aceh.

Seminar dan pameran, sebagai ajang promosi yang membuka peluang pemanfaatan data sumber daya mineral PSDMBP Badan Geologi oleh negara negara di lingkungan China-ASEAN maupun negara lain yang hadir disamping kemungkinan menjalin kerjasama yang lebih luas mulai dari hulu hingga hilir di sektor pertambangan. mulai dari penyelidikan hingga pengusahaan potensi sumber daya mineral. Dan potensi mineral Indonesia cukup diminati dan bahkan ada diantaranya dikategorikan sebagai prioritas utama sebagai sasaran dalam berinvestasi. Pimpinan CGS (China Geological Survey) akan tetap mempertahankan kerjasama dengan Badan Geologi, Kementerian ESDM dibidang kegeologian dan georesources lebih luas dan detail. Untuk program tahun 2019 CGS direncanakan Launching Bersama penerbitan Peta Semi-Global Geokimia Sumatera hasil kerjasama tahun 2016-2019  dan bekerjasama dengan PT. ANTAM (Persero) Tbk terkait pengolahan bijih emas berkadar rendah dan penambangan bijih emas yang belum terambil di Tambang Pongkor serta diharapkan akan dapat memperpanjang umur Tambang Emas Pongkor.

Editor    : Elang Somantri
Sumber  : Bidang Mineral
 

 Penyerahan Buku Hasil kerjasama China-ASEAN  oleh Dirjen CGS kepada Ketua Delegasi Indonesia
mewakili Kapus PSDMBP Badan Geologi, Moehamad Awaludin dalam kegiatan
China-Asean Mining Cooperation Forum (CAMCF)
 
 
 Pemaparan berjudul "Indonesia and ASEAN Data Base Introduction”  oleh Moehamad Awaludin,
PSDMBP Badan Geologi, Kementerian ESDM.
 

 Pemaparan berjudul "New Gold and Tin Polymetallic Resources of Indonesia" oleh Armin Tampubolon
 
 
 Pemaparan berjudul "Mineral Potential of Iindonesia" oleh Moehamad Awaludin (PSDMBP Badan Geologi)