Penandatanganan Sertifikat Serah Terima Hibah Peralatan Pts Logging Antara Jica Dan Psdmbp

Penandatanganan Sertifikat Serah Terima Hibah Peralatan PTS Logging Antara JICA dan PSDMBP
 

Penandatanganan Sertifikat Serah Terima Hibah Peralatan PTS Logging dari JICA, Jepang kepada PSDMBP, Badan Geologi, KESDM RI antara Hideki Hatanaka, perwakilan JICA Jepang dan Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP), Iman Sinulingga yang diselenggarakan pada tanggal 11 Mei 2018 di kantor PSDMBP di Bandung, Indonesia. 
 
Acara ini disaksikan oleh perwakilan dari pihak Jepang, PSDMBP dan PT Globalindo Buana. Penandatanganan serah terima hibah alat ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kerjasama di bawah payung Record of Discussion tentang The Project to Develop Medium and Long Term Geothermal Development Policy in Indonesia yang ditandatangani pada tahun 2014. Dalam ROD ini telah disepakati dukungan dalam peningkatan kapasitas panas bumi dalam kegiatan survei rinci dan pengeboran panas bumi yang mana diperlukan alat PTS logging tools dan Thermo-Luminescence untuk meningkatkan kualitas data pengeboran panas bumi yang dihasilkan.
 
Dalam sambutannya, kepala PSDMBP atas nama Pemerintah Indonesia mengungkapkan terima kasih kepada JICA dan pemerintah Jepang atas hibah peralatan PTS logging Tools beserta aksesorisnya (BOP, Wireline dab Lubricator) ini. PSDMBP akan berusaha sebaik mungkin untuk memelihara peralatan tersebut dan diharapkan dengan penggunaan alat tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kualitas data panas bumi dan memperbaiki teknologi eksplorasi panas bumi di Indonesia khususnya di PSDMBP.  Data penelitian panas bumi yang dihasilkan oleh PSDMBP, Badan Geologi diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik  dan layak untuk diajadikan acuan dalam pelelangan Wilayah Kerja Panas Bumi dan dapat meningkatkan investasi di bidang panas bumi.
 
Beberapa dampak positif kerjasama ini antara lain:
1. meningkatkan metode baru untuk eksplorasi geotermal.
2. meningkatkan kompetensi ahli geothermal.
3. meningkatkan kemampuan survei, teknologi termasuk peralatan eksplorasi tambahan, misalnya alat geofisika, alat laboratorium.
4. meningkatkan kualitas data eksplorasi geotermal (MT, TDEM).

Pihak JICA juga berterima kasih kepada PSDMBP, Indonesia yang telah bersedia untuk mengasuransikan alat tersebut untuk menutupi kerusakan tak terduga atau hilangnya alat Logging PTS dan aksesorisnya sebelum digunakan untuk melakukan pengeboran sumur panas bumi. Diharapkan kerjasama ini dapat berlanjut dan diperpanjang untuk meningkatkan ekplorasi panas bumi di Indonesia. 
 
Penulis: Qomariah