Kunjungan Studi Mahasiswa Akamigas Ke Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara Dan Panas Bumi

Kunjungan Studi Mahasiswa Akamigas Ke Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara Dan Panas Bumi

Mahasiswa Program Studi Teknik Produksi Migas, Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) Akamigas, melakukan Kunjungan ke  Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) Jalan Soekarno-Hatta Nomor 444 Bandung. Kunjungan Lapangan ini diikuti 60 mahasiswa dan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tanggal 16 April 2018 sebanyak 30 mahasiswa dan tanggal 17 April 2018 30 mahasiswa.
  
Dalam paparan yang disampaikan kepada mahasiswa, Kepala Bidang Panas Bumi menjelaskan bahwa program penyediaan Data dan Informasi panas Bumi, antara lain Pengembangan panas bumi untuk pembangkit listrik merupakan program prioritas pemerintah dalam rangka penyediaan listrik yang bersih dan ramah lingkungan, sesuai dengan Perpres No. 4 tahun 2016.
PSDMBP, Badan Geologi mempunyai peran dalam pengembangan panas bumi dalam rangka memenuhi pertumbuhan kebutuhan listrik sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan mencapai target rasio elektrifikasi. Untuk memenuhi target rasio diperlukan tambahan kapasitas terpasang sekitar 35.000 MW. Pengembangan panas bumi pada dekade lalu relatif stagnan karena tingginya risiko dan biaya eksplorasi yang mahal.
 
Dalam Hanggar peralatan pengeboran dan bengkel alat berat, mahasiswa mendapat kesempatan mengikuti penjelasan cara kerja mesin pengeboran. Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Laboratorium PSDMBP. Setiap Laboratorium memiliki tugas tersendiri, seperti Laboratorium Kimia Mineral Bukan Logam dan Panas Bumi melakukan analisa kimia untuk menetapkan unsur-unsur major minor manifestasi sampel panas bumi, Laboratorium Kimia Mineral Logam melayani analisa kimia unsur-unsur logam, Laboratorium Kimia Batubara dan CBM menetapkan berbagai parameter yang diperlukan untuk menentukan kualitas batubara dan CBM, dan Laboratorium Fisika Mineral dan Batubara melayani jasa analisis fisika mineral batuan, bijih, bitumen, dan batubara.
 
Penulis : Elang Somantri dan Wiwi Resmiasih
 
Kunjungan bengkel pemboran
 
Diskusi Dosen dan Mahasiswa Akamigas Dengan Tim PSDMBP