Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Antara Badan Geologi Dan Universitas Indonesia Di Bidang Kebumian

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Antara Badan Geologi dan Universitas Indonesia di Bidang Kebumian

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (NKB) dilaksanakan oleh Kepala Badan Geologi, Rudy Suhendar dan Dekan Fakultas MIPA Universitas Indonesia, Abdul Haris yang diselenggarakan pada tanggal 13 April 2018 di Ruang Wunga Gedung Heritage Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) jalan Medan Merdeka Selatan No. 18 Jakarta. Acara ini disaksikan oleh Kepala Pusat Survei Geologi, Kepala Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dan Kepala Bagian Tata Usaha Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi. Penandatanganan NKB ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kerjasama dalam rangka Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Pengembangan Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Pengkajian di Bidang Kebumian. Ruang lingkup kerjasama ini meliputi pengembangan, pelayanan informasi, pendidikan, penelitian, pengkajian teknologi di bidang kebumian; pemanfaatan sarana survei dan laboratorium, dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia. Kerjasama ini berlangsung selama lima tahun.

Dalam sambutannya, Universitas Indonesia mengungkapkan terbatasnya fasilitas laboratorium di bidang kebumian dan berharap Badan Geologi dapat membantu pengembangan generasi muda di bidang geosains dan dapat memfasilitasi penggunaan laboratorium sebagai pendukung riset di bidang kebumian.  Kepala Badan Geologi menyampaikan bahwa Badan Geologi di bawah Kementerian ESDM telah melaksanakan tugasnya sebaik mungkin dalam melaksanakan penelitian dan pelayanan di bidang geologi yang ditujukan untuk perlindungan dan kesejahteraan masyarakat. 

Badan Geologi juga diharapkan dapat berbagi data, berbagi pengalaman kepada akademisi agar pemanfaatan data dapat mendukung riset di bidang kebumian serta membantu kajian akademis terkait isu yang terjadi di masyarakat seperti masalah kebencanaan geologi seperti gempa. Fasilitas yang dimiliki Badan Geologi seperti museum geologi, laboratorium, arsip batuan dan data gunung api dapat dimanfaatkan bersama untuk kepentingan tugas dan fungsi masing-masing lembaga serta untuk kemajuan saintifik demi kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Wiwi Resmiasih dan Qomariah

 

 

 

Penyampaian sambutan

 

Penandatanganan NKB Badan Geologi dan Universitas Indonesia

 

Foto Bersama

 

Penyerahan Kenangan