Pengembangan Geodata Manager Database Panas Bumi

Pengembangan Geodata Manager Database Panas Bumi

Dalam rangka pelaksanaan pengembangan kerjasama PSDMBP-Badan Geologi dengan MFAT New Zealand dengan tema “ Support for Accelerating Geothermal Development in Indonesia “, Jacob NZ mengadakan kegiatan Training Resources Database installation yang diadakan pada tanggal 15 – 28 Maret 2018 bertempat di ruang database Bidang Panas Bumi, Lantai 2 Gedung C, PSDMBP. Training ini diikuti oleh beberapa orang dari Bidang Panas Bumi dan tim IT dari PSDMBP, sedangkan pengajar dari pihak Jacobs NZ adalah Errol Anderson (Geothermal Science & Data Solution, GSDS) dan Anna Prestage.

Training ini bertujuan untuk memperkenalkan software Geodata Manager (GDM). Software tersebut merupakan sistem manajemen data yang komprehensif yang dapat memfasilitasi penyimpanan dan analisis data-data hasil eksplorasi panas bumi. Terdapat berbagai parameter-parameter data geosain yang dapat disimpan sistem database Geodata Manager. GeoData Manager menyediakan input data yang teratur namun bersifat fleksibel serta dapat menyediakan keluaran grafis yang cepat dan sederhana. Fleksibilitas dalam penggunaan software ini terlihat dalam kemampuannya untuk menyesuaikan grafik, peta kontur, laporan dan tabel entry data serta dapat menyajikan berbagai unit/satuan pengukuran sekaligus mudah diekspor ke software lain (contohnya surfer) untuk pemrosesan lebih lanjut. Software Geodata Manager dapat beroperasi pada sistem operasi window.

Materi yang diberikan selama training antara lain berupa penginstalan software, cara menginput data-data geologi, geokimia dan geofisika, survei aliran panas serta data-data pemboran. Selain itu, selama training juga diberikan simulasi pengisian data yang berasal dari administrator melalui server terhadap beberapa jaringan komputer yang terhubung dengan server.

Salah satu contoh data dasar penggunaan GDM terhadap data-data geologi yaitu Rock Types yang merupakan tipe batuan yang akan dipakai sebagai database GDM sehingga tercipta keseragaman nama batuan, singkatan nama batuan, warna dan symbol.
Berdasarkan hasil training ini, manfaat yang langsung diperoleh dalam pengembangan database panas bumi yaitu adanya integrasi data geosain yang lebih cepat dan akurat, sehingga dapat mempermudah dalam penyajian maupun analisis suatu wilayah keprospekan panas bumi.
  
Semoga dengan terselenggaranya training ini, implementasi manajemen sistem pendataan yang lebih baik dan mudah untuk diakses dapat segera terwujud serta jalinan kerjasama antara Indonesia khususnya PSDMBP-Badan Geologi dan New Zealand terkait pengembangan database sumber daya panas bumi dapat terus ditingkatkan dan berlangsung dengan baik serta berkesinambungan.
 
Penulis : Lano Adithya P, Prisca dan Qomariah
 

 
contoh data dasar penggunaan GDM terhadap data-data geologi1 
 
 
contoh data dasar penggunaan GDM terhadap data-data geologi2 
 
 
kerjasama PSDMBP, Badan Geologi dengan MFAT New Zealand