Mengenal Lebih Dekat Kegiatan Eksplorasi Batubara

Mengenal Lebih Dekat Kegiatan Eksplorasi Batubara
Kuliah Lapangan Mahasiswa Teknik Geologi  Universitas Padjadjaran ke PSDMBP



Perjalanan seorang ahli geologi batubara dimulai dari bangku kuliah. Menyadari pentingnya mengetahui secara langsung kegiatan eksplorasi batubara, maka sebanyak 30 orang mahasiswa Tehnik Geologi Unpad  melakukan kunjungan ke  Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) pada tanggal 29 November 2017. Dimulai tahun 2015, kunjungan ini menjadi agenda wajib untuk diikuti oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah geologi batubara dan eksplorasi batubara  di Unpad. PSMDBP adalah institusi dibawah KESDM yang memiliki kewenangan untuk melakukan kegiatan penyelidikan dan penelitian terkait sumberdaya batubara, gambut dan GMB di Indonesia. PSDMBP juga memiliki sarana penyelidikan dan laboratorium yang cukup lengkap untuk digunakan dalam kegiatan eksplorasi batubara yang dapat menjadi sarana pembelajaran mahasiswa untuk lebih memahami geologi batubara dan kegiatan eksplorasi batubara.


Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa melakukan komunikasi langsung dengan para ahli geologi batubara dari bidang batubara PSDMBP. Para ahli memberikan pengenalan profesi  ahli geologi batubara. Di awal kunjungan mereka terlebih dahulu mendapatkan paparan pengenalan PSDMBP dilanjutkan presentasi kegiatan penyelidikan yang dilakukan oleh Bidang  Batubara  PSDMBP. Setelah presentasi, mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok didampingi oleh seorang ahli geologi batubara PSDMBP kemudian melakukan kunjungan langsung ke laboratorium dan bengkel alat berat yang dimiliki PSDMBP. 


Di laboratorium PSDMBP, mahasiswa mendapatkan penjelasan menyeluruh mengenai berbagai kegiatan analisis untuk kepentingan evaluasi potensi mineral, batubara dan panas bumi. Untuk mendukung kegiatan pencarian daerah prospek pengandung sumberdaya geologi, laboratorium PSDMBP memiliki peralatan analisis yang lengkap dan modern. Labotarium ini  juga telah terakreditasi KAN. Secara khusus terkait kegiatan eksplorasi batubara, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung berbagai peralatan  yang digunakan untuk menguji kualitas batubara  baik secara kimia maupun fisika. Di laboratorium mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk melihat komposisi batubara dibawah mikroskop. Apa yang dipelajari di kelas, dalam kunjungan ke PSDMBP ini bisa dilihat secara nyata.


Di bengkel alat berat, peralatan pemboran menjadi objek perhatian mahasiswa yang cukup menarik. Dijelaskan bahwa salah satu mesin bor yang dimiliki PSDMBP mampu menembus lapisan bawah permukaan hingga 1200m dan biasa digunakan untuk pemboran panas bumi. Sementara peralatan pemboran yang digunakan untuk kegiatan eksplorasi batubara dan CBM, saat ini hanya digunakan hingga kedalaman 500m. Disamping peralatan pemboran, peralatan geofisika seperti seismik dan logging juga digunakan untuk membantu memetakan konfigurasi bawah permukaan untuk kepentingan eksplorasi batubara.


Di penghujung acara dilakukan evaluasi berbentuk presentasi dan fun games. Ketiga kelompok diharuskan melakukan presentasi di depan tim penilai. Topik presentasi dipilih dari salah satu core kegiatan eksplorasi batubara yang menjadi objek kunjungan pada hari itu.  Perwakilan dari tiap tiap kelompok melakukan presentasi di depan tim penilai selama kurang lebih 5 menit. Tiap kelompok kemudian diberikan 5 pertanyaan yang harus dijawab dengan cepat, jika tidak mampu menjawab, pertanyaan dibuka untuk dijawab oleh kelompok lainnya. Kelompok 3 berhasil menjadi pemenang karena mampu menjawab dengan tepat 5 pertanyaan yang diajukan dan mendapatkan nilai presentasi 7.5.


Acara selesai tepat pukul 15.00. Mahasiswa  pulang dengan tambahan ilmu. Seeing is believing...Now they undertand more about  coal exploration. PSDMBP selalu siap memberikan dukungan untuk para generasi muda Indonesia, memahami dan mempelajari kekayaan sumber daya geologi yang dimiliki oleh bangsanya.


Sumber: SS Rita Susilawati

 


Diskusi dengan Kepala Bidang Batubara PSDMBP
 

Diskusi dengan tim teknis PSDMBP
 

Pemutaran Video Profil PSDMBP
 

Kunjungan ke Peralatan Pemboran PSDMBP
 

Kunjungan ke Laboratorium PSDMBP