Studi Ekskursi Geofisika Universitas Brawijaya Malang Kunjungi Psdmbp

Studi Ekskursi Geofisika Universitas Brawijaya Malang Kunjungi Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara Dan Panas Bumi


Dengan Fasilitas, sarana, metoda maupun peralatan untuk menghasilkan nilai tambah bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang professional dalam mendukung pelayanan publik Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi berbagi ilmu dan pengetahuan serta wawasan khususnya bidang Geofisika dengan Mahasiswa Program Studi Geofisika Jurusan Fisika Universitas Barawijaya Malang, Jawa Timur dalam agenda Studi Ekskursi  sedangkan rangkaian acara sebelum kunjungan ke Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara da Panas Bumi, dengan jumlah rombongan Mahasiswa 46 orang dan Dosen Pembimbing 2 orang yakni Ketua Prodi Teknik Geofisika, sedangkan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam empat hari mulai perjalanan dari Universitas Barwijaya Malang, Pertamina Eksplorasi Produksi (EP) Asset 4 Cepu, Pertamina Geothetmal Energy (PGE) Kamojang, Garut, Pusat Vulkanlogi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung, Museum Geologi Bandung dan  Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Jalan Soekarno-Hatta Nomor 444 di Bandung, Rabu, 01/11/2017.

Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi diwakili oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan, Edi Suhanto, S.Si., MT. didampingi Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegwaian, Novi Handono, SH. serta Para Pejabat Fungsional sebagai Narasumber Bidang Mineral, Penyelidik Bumi Madya, Kisman, ST., Bidang Batubara, Kepala Sub Bidang Batubara dan Gambut, Eko Budi Cahyoono, ST., dan Bidang Panas Bumi, Penyelidik Muda, Ahmad Zarkasyi, S.Si.,MT. menerima kunjungan mahasiswa Universitas Brawijaya dan Dosen Pembimbing Ketua Prodi Teknik Geofisika, Alamsyah M. Juwono, M.Sc., PhD. dan Kepala Laboratorium Geofisika Jurusan Fisika, Drs. Wasis, M.AB.

Dalam sambutannya Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan,  pentingnya peran geofisika sangat penting dalam menentukan nilai sumberdaya dan cadangan mineral, batubara dan panas bumi, data rekomendasi usulan wilayah kerja mungkin belum bisa keluar tanpa ada data geofisika, lanjut Edi Suhanto.

Sambutan pihak Universitas Brawijaya diwakili oleh Ketua Prodi Teknik Geofisika, mengucapkan terima kasih atas sambutan dari PSDMBP dan selanjutnya dapat mengajak mahasiswa pada periode berikutnya dengan jumlah yang mungkin lebih banyak lagi,  harapan Alamsyah M. Juwono.

Rombongan kunjungan mahasiswa langsung mengikuti diskusi dan tayangan Video Profil Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi    dan  dilanjut kunjungan ke Fasilitas Peralatan Geofisika dan Alat Pemboran serta terakhir kunjungan ke Laboratorium PSDMBP langsung mengikuti paparan tupoksi laboratorium oleh Teknisi Litkayasa Penyelia, Dedeh Dinarsih. Sebagai laboratorium yang telah terakreditasi dengan menggunakan metode standar internasional dalam operasinya, terutama untuk mempertahankan kualitas analisis yang dihasilkan.  Disamping itu juga tergabung dalam ikatan kerjasama cek antar laboratorium (Cross Check Analysis) baik dalam maupun di luar negeri.

Laboratorium dimaksud adalah Laboratorium Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi terakreditasi Komite Akreditasi Nasional Nomor Registrasi : LP-326-IDN. Gedung Laboratorium bangunan 6 lantai dengan luas 5.071.02 M2 yang dilengkapi dengan sarana antara lain Compressed Air Central, Exhaust System dan Computerized System (LAN System).

Sumber: Elang Somantri, Pranata Humas Madya